Kuliner Asli Khas Rembang Jawa Tengah

Kuliner - Kabupaten Rembang merupakan sebuah kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Tengah. Ibu kotanya adlah Rembang. Kabupaten Rembang terletak di bagian timur wilayah provinsi jawa tengah. Secara geografis rembang ini terletak di pinggiran pantai dan sebagian di wilayah pegunungan. 

Kota Rembang juga mempunyai Kuliner Asli khas Rembang yang cukup Populer, unik dan menarik untuk dicoba, Kuliner khasnya yang sangat terkenal adalah : lontong tuyuhan, sayur merica, jenang watuh , sate serempeh, dumbeg, dan masih banyak lagi, nah pada kesempatan ini Media Pati akan mengulas sedikit mengenai Kuliner Asli khas rembang yang sangat menggoyang lidah kalau kita menyantapnya , berikut  Kuliner Asli khas Rembang  jawa tengah yang sangat populer saat ini :

1.   Lontong Tuyuhan

Dinamakan lontong Tuyuhan karena Lontong ini merupakan lonthong yang diberi kuah opor ayam yang agak encer tetapi rasanya leghit karena rempah-rempah yang dipakai sangat khas, Biasanya lauknya dapat memilih daging ayam yang dimasak dalam kuah atau memilih jerohan ayam,dan minumnya es degan. Jika anda jalan-jalan ke rembang jangan lupa untuk mampir sejenak sekedar mencicipi masakan Lontong Tayuban.
Kuliner Asli Khas Rembang Jawa Tengah


2. Sate Serepeh
Sate Sarepeh merupakan sate yang berbahan dasar daging ayam kampung, dengan diracik memakai bumbu tradisional yang terdiri dari cabe merah, gula merah, santan dan garam. Sate ini merupakan lauk pauk daerah rembang, yang cara penyajianya biasanya di sajikan dengan nasi lontong.
Kuliner Asli Khas Rembang Jawa Tengah


3. Jadah Rembang
Jadah adalah Kuliner khas asli rembang yang terbuat dari beras ketan putih, kelapa muda, garam yang ditumbuk halus di atas keranjang yang Terbuat dari daun lontar/daun kelapa muda dan alat tumbuknya juga dilapis dengan daun lontar dan kelapa muda. Jadah Rembang memiliki rasa sangat gurih, biasanya jadah  dicetak berbentuk persegi dan dibungkus dengan daun pisang.
Kuliner Asli Khas Rembang Jawa Tengah

4. Kaoya Dudul

Kaoya dudul merupakan makanan yang terbuat dari beras ketan, kacang hijau, gula aren/gula pasir dan garam. Wadahnya terbuat dari daun lontar berlubang bulat kecil sebanyak 5 buah, kalau mau memakanya tinggal didudul atau di pencet saja, rasanya sangat manis dan gurih. untuk anda yang hendak pergi ke rembang hendaknya jangan melewatkan untuk mencicipi kuliner yang satu ini, dan sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh untuk sanak keluarga di rumah
Kuliner Asli Khas Rembang Jawa Tengah

5. Dumbeg Rembang

Dumbeg merupakan Kuliner yang terbuat dari tepung beras, gula pasir/gula aren dan ditambahkan sedikit garam, air pohon nira/ legen; dan kalau suka buah nangka/kelapa muda bisa ditaburi irisan buah tersebut sebesar dadu. Kemudian untuk penyanjianya biasanya memakai daun lontar yang berbentuk kerucut, hal inilah yang menyebabkan Dumbeg mempunyai bau yang khas dan sulit untuk dilupakan.
Kuliner Asli Khas Rembang Jawa Tengah


Belum ada Komentar untuk "Kuliner Asli Khas Rembang Jawa Tengah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel